Ragam Jenis Imunisasi dan Jadwal Imunisasi Anak

In Uncategorized 131 views

Salah satu rutinitas yang dimiliki oleh orang tua terkait anak mereka adalah membawa anak mereka untuk mendapatkan imunisasi. Memang, ibu akan mendapatkan jadwal imunisasi anak dari pihak yang terkait dan diberikan secara bertahap. Meskipun masih terdapat pro dan kontra, imunisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Dengan melakukan imunisasi, maka anak bisa dihalau dari serangan atau gangguan beberapa penyakit yang mengancam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dari penjelasan di atas, tentu saja bisa dilihat bahwa sebenarnya imunisasi bagi anak-anak adalah hal yang cukup penting. Oleh karena itu, orang tua harus tahu detail jadwal imunisasi anak untuk diberikan.

Jadwal Imunisasi Anak

Jadwal Imunisasi Anak

Selain terkait jadwal tersebut, pengetahuan orang tua terkait imunisasi harus juga diperkaya dengan apa saja imunisasi yang sekiranya wajib untuk diberikan. Nah, dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa jenis imunisasi tersebut. Adapun imunisasi yang wajib diberikan kepada anak adalah sebagai berikut:

 

1. Hepatitis B

Salah satu jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada anak-anak adalah hepatitis B. Dalam hal ini, detail jadwal imunisasi anak untuk jenis imunisasi ini adalah saat bayi baru lahir hingga paling lambat sekitar 12 jam dari kelahiran tersebut. Imunisasi ini merupakan imunisasi dasar yang diberikan kepada anak.

Dalam hal ini, apa manfaat dari imunisasi ini adalah mencegah penularan hepatitis B dari ibu ke bayi pada saat proses persalinan. Perlu diketahui bahwa hepatitis B adalah salah satu masalah yang mengintai dan secara umum, bayi memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Jenis imunisasi ini akan diberikan secara bertahap oleh pihak yang terkait.

 

2. Polio

Polio merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat serius. Penyakit ini juga dinamakan dengan penyakit lumpuh layu. Nah, apa yang menyebabkan gangguan kesehatan ini adalah virus yang terdapat dalam saluran pencernaan dan tenggorokan. Jika gangguan kesehatan ini menyerang, maka akan mengakibatkan kelumpuhan pada beberapa anggota badan.

Oleh karena itu, imunisasi polio menjadi salah satu hal yang penting untuk diberikan kepada anak. Mengenai detail iadwal imunisasi anak untuk imunisasi polio ini, pihak terkait akan memberikan imunisasi secara bertahap sebanyak 4 kali. Anda sebagai orang tua harus mengetahui kapan pemberian imunisasi ini dilakukan.

 

3. BCG

Jenis imunisasi lain yang diberikan kepada anak-anak adalah BCG. Dalam hal ini, jenis imunisasi BCG diberikan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan, terutama yang menyerang paru-paru dan selaput otak. Gangguan kesehatan ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Oleh karena itu, imunisasi BCG termasuk salah satu imunisasi yang wajib untuk diberikan. Nah, dalam hal ini biasanya imunisasi BCG akan diberikan saat bayi berusia dua bulan.

 

4. Campak

Campak menjadi jenis imunisasi yang juga wajib untuk diberikan kepada anak-anak. Dalam hal ini, imunisasi campak diberikan dua kali pada saat bayi berusia 9 bulan dan 24 bulan. Namun, ketika bayi sudah mendapatkan imunisasi MMR saat berusia 15 bulan, maka vaksin ini tidak diperlukan lagi.

Manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah campak berat. Perlu diketahui bahwa campak berat ini dapat menyebabkan radang paru, diare hingga serangan pada otak. Oleh karena itu, imunisasi ini menjadi wajib untuk diberikan.

Nah, demikian beberapa hal terkait imunisasi yang wajib diberikan kepada anak-anak. Dalam hal ini, untuk informasi mengenai jadwal imunisasi anak, Anda bisa mengecek di pelayanan kesehatan. Nah, untuk tindakan ketika telat, klik laman https://www.generasimaju.co.id/terlambat-imunisasi-ini-yang-perlu-bunda-lakukan .

Tags: #imunisasi #Jadwal imunisasi anak #kesehatan anak

author
Author: 

    Leave a reply "Ragam Jenis Imunisasi dan Jadwal Imunisasi Anak"

    Must read×

    Top