Perbedaan Investasi Suku Syariah Ritel dan Deposito Syariah

In Bisnis 321 views

Tabungan bank atau deposito menjadi hal yang akrab di kalangan masyarakat. Keduanya digunakan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu singkat atau untuk perencanaan keuangan di masa depan. ada banyak jenis investasi yang bisa digunakan. Setiap jenisnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. salah satu investasi yang bebas risiko dan berbasis syariah adalah sukuk ritel atau sukuk syariah

Sukuk merupakan penyertaan terhadap aset negara yang disewakan pemerintah dan tidak berbentuk surat hutang. Jika kita membeli sukuk syariah, berarti kita telah membeli aset negara. Untuk mendapatkan keuntungan, anda bisa menyewakan kembali aset tersebut ke pemerintah sampai masa berlakunya habis. Di investasi ini, keuntungan yang diberikan berbentuk uang sewa atau ujrah. Besar presentasenya sesuai dengan prinsip syariah islam dan tidak terdapat unsur riba

Sukuk Syariah

Sukuk Syariah

Anda akan mendapatkan hasil keuntungannya setiap bulan. sedangkan nilai pokok modalnya, akan dibayarkan saat masa berlakunya habis. Biasanya masa berlaku investasi sukuk sekitar tiga tahun. Selain sukuk ritel syariah juga terdapat deposito syariah. Dengan embel-embel syariah keduanya memiliki ketentuan yang berbeda. Berikut ini perbedaanya.

Penetapan Hasil Keuntungan

Hasil imbal sukuk ritel syariah sebesar 6,30 persen per tahun. Sistem pembayarannya menggunakan sistem tetap atau fixed coupon. Untuk deposito syariah besar imbal hasilnya naik turun, disesuaikan dengan tingkat suku bunga acuannya.

Pajak Lebih Rendah

Sukuk ritel syariah memiliki pajak lebih rendah dibandingkan deposito syariah. Besar pajaknya sekitar 15 persen. Sedangkan deposito syariah memiliki besar pajak sekitar 20 persen per tahunnya. Dengan begitu anda bisa berinvestasi lebih optimal di sukuk ritel syariah. Bahkan dilihat dari hasil imbalnnya, sukuk ritel syariah memiliki hasil yang lebih tinggi. Setelah di potong pajak, besar hasilnya sekitar 5,36 persen per tahun. Sedangkan deposito syariah hanya mendapatkan 4,45 persen per tahun.

Bisa Diperdagangkan

Jika anda menggunakan deposito syariah berjangka, anda tidak bisa melakukan pencairan sebelum jatuh tempo. Kecuali anda mau untuk dikenakan pinalti dari pihak bank. Namun keuntungan yang didapatkan sedikit. Sedangkan menggunakan sukuk ritel syariah, anda bisa memperdagangkannya. Saat membutuhkan dana, bisa menjualnya di pasar sekunder. Sukuk ritel bisa dijual setelah tiga kali pembayaran kupon atau mulai 11 juni 2020. Dengan begitu anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Dijamin 100 persen

Deposito atau tabungan mendapat jaminan maksimal 2 milliar oleh lembaga penjaminan simpanan (LPS). Sedangkan sukuk ritel syariah mendapatkan jaminan 100 persen dari pemerintah. Entah itu biaya pokoknya atau pembayaran bunganya. Jaminan yang diberikan pemerintah mencapai 3 miliar. Dengan mengunakan investasi ini, anda bisa mendapatkan keuntungan besar, risiko gagal bayar rendah dan tidak akan mengalami kerugian

Modal Terjangkau

Dibandingkan dengan deposito syariah, modal sukuk ritel syariah lebih terjangkau. Jika ingin menggunakan deposito, minimal modalnya sebesar 10 juta. Sedangkan sukuk ritel syariah hanya dimulai 1 juta rupiah saja. sehingga siapapun bisa memulainya, tanpa harus memiliki modal yang besar.

Dengan memahami perbedaan kedua investasi diatas,anda jadi tahu jenis investasi apa yang harus dibeli. Dengan membeli sukuk syariah, tidak hanya menguntungkan buat anda. tapi juga bermanfaat bagi pemerintah. Karena bisa membantu membiayai APBN. Sekarang proses pembelian sukuk ritel syariah pun mudah. Anda bisa membelinya secara online. Kemudian lengkapi semua data yang diberikan. Demikian informasi yang diberikan. Semoga bermanfaat buat anda.

 

Tags: #Sukuk Ritel #Sukuk Syariah #Syariah

author
Author: 
    Beragam Peralatan Restoran dan Kegunaannya Untuk Diketahui
    Beragam Peralatan Restoran dan Kegunaannya Untuk Diketahui
    Untuk Anda yang tertarik dengan restoran, mengetahui
    Alasan Menggunakan Jasa Merawat Trafo
    Alasan Menggunakan Jasa Merawat Trafo
    Seperti yang telah diketahui bersama, trafo memiliki
    Inilah Fungsi Utama Asuransi  Yang Harus Diketahui
    Inilah Fungsi Utama Asuransi Yang Harus Diketahui
    Masih banyak orang yang memandang sebelah mata
    Alasan Pengguna Asuransi Masih Minim
    Alasan Pengguna Asuransi Masih Minim
    Jasa asuransi memiliki peranan penting dalam kehidupan

    Leave a reply "Perbedaan Investasi Suku Syariah Ritel dan Deposito Syariah"

    Must read×

    Top