Ini Dia 8 Cara Jitu Menghemat Penggunaan Air

In Artikel Bermanfaat 457 views

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Pentingnya air bahkan menjadikan 22 Maret sebagai Hari Air Dunia. Hal ini menandakan bahwa air itu mahal bukan? Terlebih jika sedang musim kemarau panjang, atau kekurangan air bersih. Dengan demikian, hematlah penggunaan air Anda dengan 8 cara di bawah ini:

water treatment plant

1. Pastikan Anda Sudah Mematikan Keran

Cara pertama yang bisa Anda terapkan agar penggunaan air lebih hemat adalah dengan memastikan bahwa Anda telah mematikan keran Anda. Sering kali ketika menggosok gigi dan mencuci muka, keran tidak dimatikan dan dibiarkan mengalir. Dengan demikian ada baiknya Anda mematikan keran pada saat menggosok gigi maupun mencuci muka agar air tidak terbuang percuma.

Adapun contoh model kran wastafel yang dapat menghemat air bisa dilihat di sini: https://www.watertec-indonesia.com/products-list/hybrid/all/ind

Selain itu, agar air lebih hemat, Anda bisa memasang aerator pada keran yang dapat menambah udara ke dalam aliran air sehingga air yang mengalir tidak terlalu berlebihan dan tidak banyak terbuang.

2. Rutin Memeriksa Saluran Air

Cara lain yang juga perlu Anda lakukan agar air lebih hemat adalah dengan rutin memerika saluran air dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran. Dengan rutin memeriksa saluran air, maka kebocoran kecil dapat ditangani lebih cepat sehingga tidak terjadi kebocoran lebih banyak yang dapat membuat air terbuang percuma.

3. Gunakan Kembali Air yang Sudah Terpakai

Anda tentunya sering mencuci sayuran atau buah-buahan sebelum dimakan. Nah, air tersebut bisa kembali Anda gunakan untuk menyiram tanaman. Hal yang terkesan sepele memang, tetapi jika dilakukan dengan rutin tentunya cara ini akan sangat membantu dalam menghemat penggunaan air.

4. Mandi dengan Shower

Penggunaan shower ternyata terbukti lebih hemat dari pada menggunakan air bak mandi biasa. Menggunakan shower saat mandi hanya menghabiskan air 15-30 liter saja. Berbeda dengan air pada bak mandi yang bisa dihabiskan lebih banyak dari itu, terlebih jika Anda mandi menggunakan bathtub yang akan menghabiskan air hingga 300 liter.

5. Mencuci Kendaraan dengan Preassure Washer

Kegiatan mencuci kendaraan akan sangat memboroskan air, sehingga kegiatan ini perlu dicermati agar tetap dilaksanakan tanpa menghabiskan ketersediaan air di rumah. Caranya, gunakan preasure washer atau selang bertekanan yang dapat mengatur aliran air pada selang.

6. Gunakan Kloset dengan Penyiram Ganda

Penggunaan kloset juga sangat memengaruhi penggunaan air. Oleh karena itu, untuk menghemat penggunaannya, gunakanlah kloset penyiram ganda. Kloset penyiram ganda akan menyiram kurang dari 6 liter sehingga Anda dapat berhemat 3 kali lipat dari penggunaan kloset biasa. Hal ini dikarenakan kloset penyiram ganda akan menyiram sesuai berat kotoran.

 

7. Tidak Sembarangan Membuang Sampah Pada Kloset

Membuang sampah seperti tissue atau pembalut pada kloset perlu dihindari jika Anda ingin menghemat air. Membuang tissue atau pembalut pada kloset akan membuat kloset perlu menyiram lebih banyak air serta menciptakan menyumbatan pada aliran air.

Selain itu tentunya dapat mencemari sistem tata air secara keseluruhan di lingkungan tersebut, hingga merusak water treatment plant dalam mengelola dan mendistribusikan air bersih yang diperlukan warga sekitar.

8. Tidak Terlalu Sering Mencuci Baju dan Gunakan Mesin Cuci Bukaan

Jika tidak terlalu banyak baju kotor, ada baiknya Anda tunda dahulu kegiatan mencuci baju Anda. Mencuci pada mesin jelas membutuhkan air yang tidak sedikit. Selain itu, agar lebih hemat Anda bisa menggunakan mesin cuci bukaan depan yang terbukti lebih hemat air dibandingkan dengan mesin cuci bukaan atas.

 

Penghematan air tentu saja merupakan tanggung jawab bersama. Dengan demikian jagalah ketersediaan air, tidak hanya dengan melakukan 8 cara diatas, tetapi juga dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya berbahan plastik yang sulit di urai oleh tanah.

 

Tags: #cara menghemat air #Hemat air

author
Author: 
    Jenis Kipas Angin dan Fungsinya
    Jenis Kipas Angin dan Fungsinya
    Di cuaca indonesia yang panas, kipas menjadi

    Leave a reply "Ini Dia 8 Cara Jitu Menghemat Penggunaan Air"

    Must read×

    Top